Proses Belajar

ow to write an essay for fce 2026 essay writers free best essay writing service in pakistan
how to write an essay mla https://www.paperhelp.nyc how to write a letter not accepting an offe

Sistem pengajaran tatap muka yang dilakukan oleh SMK Sint joseph adalah sistem blok. Pembelajaran sistem blok merupakan bagian dari implementasi penyelarasan kurikulum pembelajaran SMK dengan Dunia Usaha dan Industri.

Pembelajaran sistem blok mengelompokan jam belajar efektif dalam satuan waktu yang terangkum dan memungkinkan peserta didik mengikuti serta menerima materi pembelajaran secara maksimal dan utuh.

Pembelajaran sistem blok ini merupakan aplikasi dari ke-16 teori kejuruan. Proses yang menyatakan bahwa pendidikan kejuruan akan efektif jika pengalaman latihan untuk membentuk kebiasaan kerja dan kebiasaan berpikir yang benar, diulang-ulang sehingga sesuai seperti yang diperlukan dalam pekerjaan nantinya.

Pembelajaran yang dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang akan lebih cepat diserap oleh peserta didik daripada pembelajaran yang terputus-putus. Dapat diambil contoh ketika peserta didik menerima pelajaran cara mengelas, maka peserta didik ini akan lebih mudah menyerap materi mengelas yang dilaksanakan dengan pembelajaran selama dua minggu penuh untuk mengelas, daripada pembelajaran yang terputus di lain hari.

Sistem blok di SMK Sint Joseph adalah sistem blok mingguan, artinya pelaksanaannya dilakukan dengan blok dua minggu pelajaran kelompok wajib A dan wajib B, dan blok dua minggu pelajaran kelompok wajib C (Peminatan).

Dalam pengajaran sistem blok ini, kelompok wajib A dan B atau normatif adaptif diampu oleh guru yang sesuai bidangnya dan berpengalaman, kemudian pelajaran kelompok wajib C atau produktif diampu oleh instruktur dan ditambah dengan guru-guru yang linear di bidangnya.

Di tengah-tengah pandemi saat ini, SMK Sint Joseph tidak kalah semangat untuk tetap memberikan yang terbaik dalam pengajaran dalam jaringan (daring). Kurikuler dan ekstrakurikuler yang diminati siswa tetap berjalan dengan baik namun tentunya dengan menyesuaikan kompetensi yang esensial serta dapat dilakukan secara virtual.